Pendapat Anda Tentang Kangen Band

Berikut adalah sedikit tentang kangen band yang saya ambil dari kompas

… Band bentukan 4 Juli 2005 itu kini tengah mencicipi ujung dari sebuah popularitas. Album pertama Aku, Kau & Dia yang dirilis Warner Music Indonesia (WMI) pada Februari 2007 terjual sekitar 300.000 keping. Ini termasuk angka cukup tinggi mengingat artis terkenal pun saat ini cukup sulit untuk meraih angka penjualan 50.000 kopi.


Mereka lahir dari realitas kehidupan rakyat jelata, bukan produk reality show. Dodhy pernah menjadi kuli bangunan. Bebe yang bernama lengkap Novri Azwat (18) membantu orangtua jualan nasi uduk di depan Rumah Sakit Abdul Muluk, Bandar Lampung. Rustam Wijaya (22) alias Tama adalah penjual sandal jepit. Iim bekerja di bengkel motor, sedangkan Andika (23), sang vokalis, adalah penjual cendol keliling.

“Makanya suara keras karena biasa teriak-teriak jualan cendol,” seloroh rekannya.

Pasar massal dalam dunia dagang adalah kelompok konsumen paling besar untuk produk tertentu. Lebih spesifik lagi pasar massal untuk Kangen Band tersebut adalah kelompok C dan D. Mereka, dari parameter daya beli, adalah kelompok masyarakat menengah ke bawah.

Di telinga Jusak, Kangen Band menawarkan materi dengaran yang agak berbeda, yaitu adanya sentuhan Melayu dan Mandarin pada beberapa lagu mereka, seperti pada lagu Tentang Bintang atau juga Adakah Jawabnya.

“Dan lirik lagu agak kampungan itu tadi ha-ha-ha….” kata Jusak.

 

Saya percaya bahwa fenomena kangen band memancing berbagai macam opini baik itu dari kalangan masyarakat maupun musisi baik itu pro dan kontra. Namun beda orang beda pula pendapatnya. Berikut ini adalah beberapa reaksi orang-orang terhadap fenomena tersebut, diantaranya :

  1. Salut, dilihat dari sisi perjuangan, latar belakang kehidupan mereka hingga bisa mencapai seperti sekarang ini terlepas dari apa yang band tersebut hadirkan.
  2. Nge-fans berat :love:
  3. Menggerutu, heran, kaget, hingga mencaci.
  4. Enjoy saja mendengarkan lagu-lagu mereka.
  5. Ada juga yang termotivasi dari kisah hidup mereka.
  6. Cemas atau mungkin gembira melihat apresiasi musik di masyarakat saat ini.
  7. Memanfaatkan setiap peluang sebagai komoditas bisnis. :kembar:
  8. Tidak peduli.

Setiap orang memiliki pandangan yang berbeda-beda. Nah dimana posisi anda?

38 Responses

  1. jan jancok tenan band iki,ra nduwe rai ta piye?opo nduwene mung tai… mending kalian pada hengkang dari belantika musik indonesia,menurunkan kwalitas musik indonesia… ngisin-ngisini cok….. just 1 woed 4 kangen band… JANCOK….

  2. KANGEN BAND TUH LAGU MANG BAGUS, TAPI WONGE ITU YG KATRO’ ALIAS NDESO KALAUW BISA KANGEN TU VOKAL , GITAR & YG MACAK / PERIAS WAJAH DIGANTI !!!….ENTE FAHAM

  3. Kangen band adalah sebuah band dengan naluri bermusik yang amat terasah. Melodi melodi dalam lagu mereka mampu untuk mempermainkan emosi pendengarnya, ditambah lagi dengan olah vokal yang prima dari sang vokalis makin membuat pengalaman mendengar lagu Kangen band teramat berkesan. Penampilan para personilnya yang atraktif juga menjadi nilai plus buat mereka.

    Tapi boong?.

    Yang bener…. Lirik mreka keluar jalur, nada datar, musik g rapi, not g maksimal, ga ada pencapaian klimaks lagu, vokalis berynyanyi dengan nafas hampa, teknik kacau, not meleset setengah sampai satu nada, ketahanan vokal omong kosong, goyang saat menyanyi, aransemen kacau karena teknik gelombang musik mereka tabrakan, piramida system musik juga ga sesuai aaturan, (yang gwe sebutin percuma, apa mereka tahu musik?)? suara keluar dri mulut dengan teknik perut, kepala dan nada tinggi dengan nada fokus di dinding mulut? apa vokalisnya tahu itu?.. ayo tanding teknik vokal, ayo tanding maen bas, walking, tapping, slep, jazz.. sebenarnya gua kasian ma itu band, karena bentar lagi mereka bakal tenggelam! hastalavista miss band…

  4. dimana-mana band ini kok jelek y? apes dah,
    tapi bener tu mas emang banyak pendapat, n itu tergantung orang-nya mo kasih sikap gmn, tp ada satu lagi yang kurang,


    9. ngefans berat tapi beli cd n kaset-nya bajakan, he3x…

  5. hallo bapak2..yg ada disini
    bukannya saya ini anak yg kelahiran asal lampung saya ngebelain grup kangen band,
    tapi saya paling ngak atau kagak suka dan najis banget ama orang yg suka dan bisanya hanya mencemooh dan menghina orang lain.
    Hargailah karya dan itikat seseorang yg baik.

    Bagi saya tampang bukan nomor satu.
    Yg lebih utama itu adalah semangat dan usaha mereka yg halal itu yg patut dicontoh.

    Mereka itukan anak masih abg, ya kalaulah ada yg merasa bahwa grup band itu kurang berkwalitas ya wajar toch?
    Tapi bagi saya grup band mereka itu bagus dan salut saya pada mereka itu yg meskipun masih dgn alat yg sederhana bisa
    mengalahkan yg lainnya yg sdh senior dalam soal penjualan albumnya.saya yakin dan percaya dgn kemampuan mereka kedepan.

    Seandainya saya ini Milioner, saya mau saja orbitkan mereka untuk kedepannya.
    Jadi Hidup Kangen Band, semua Kalian Bertambah Sukses dan terkenal… Biarklan anjing Menggonggong….
    Semakin kalian dihujat dan di rendahkan, semakin kalian beken dan keren…..

    Anak lampung

  6. @Marduk:
    Emang sih, mereka ini nggak tau apa-apa soal teknik maen musik dan nyanyi yang bener. But u know what? Nyatanya mereka sukses.

    Sama halnya dengan sinetron-sinetron gombal dan gosip-gosip nggak penting yang tiap hari kita tonton di TV. Menurutku itu semua nonsense, tapi kenyataannya, itulah yang laku.

    Sama juga dengan orang-orang intelek atau berkompetensi tinggi yang seharusnya cerdas, tapi mencaci Kangen Band dengan kata-kata yang tidak mencerminkan kecerdasan, hanya mengandalkan otot dan emosi.

    Terus terang aku juga nggak suka sama lagunya Kangen Band, tapi minimal mereka berusaha, dan itu yang harus dihargai.

    Kalau memang Anda bisa teknik bermusik yang prima, nggak usah sombong lah, karena arogansi semacam itu justru membuat Anda lebih rendah daripada Kangen Band.

  7. Saya mencoba mengomentari secara singkat dari berbagai segi:

    Musikal:
    Secara teknik, tidak perlu kita bicarakan lagi. Sementara dalam segi estetika, saya tidak ingin berkomentar terlalu jauh. Karena pada dasarnya sebagian sangat besar lagu-lagu pop memang tidak pernah menghadirkan sesuatu yang baru. Namun khusus untuk yang ini, (mohon maaf untuk kangen band, semoga ini menjadi pelajaran bagi anda) terus terang saya mengatakan ini sampah.

    Opini publik:
    Pada dasarnya secara psikologis orang Indonesia menyukai cerita-cerita sentimentil. Sangat bersemangat untuk membela kaum lemah. Tanpa melihat kualitas secara obyektif. (saya tidak mengatakan hal ini salah, hanya begitulah psikologi sosial kita.

    Industri musik:
    Laris dan tidak, sangat kecil kaitannya dengan kualitas karya. Tetapi cenderung pada managerial, publikasi, sentimen publik, keberuntungan dll.

    Komentar umum:
    Secara kemanusiaan, memang kita harus saling menghargai karya orang lain, dan saya menghargai kerja keras mereka. Tetapi terus terang, kangen band memang kurang berkualitas.

  8. @Petir:
    Saya setuju, baik dengan pendapat Anda maupun dengan cara Anda menyampaikannya. Jauh lebih baik daripada cuma memaki-maki dengan kata-kata yang tidak pantas.

  9. Untuk album pertama gw ucapin selamat deh,tapi qt liat album ke dua

  10. tapi yang jelas dari smua comment yg ada di sini sih.. hhhmm saya setuju bgt sama si tessa… coz bgs bgt comment nya… hehehhee..
    hidup KANGEN BAND.

  11. Tingkat musikalitas orang kan beda-beda..jadi hasil karya orang juga akan beda..mungkin masih banyak lagu-lagu yang kualitasnya di bawah kangen band, cuma nggak ter-ekspos..yah apapun hasil karya orang,harus kita hargai,walaupun kita nggak suka..

  12. jelek buat anak band,tapi rezeki org beda2 dan nasib mereka lagi berungtung.banyak2 bersyukur aja kepada Allah SWT.

  13. jangan liat penyanyi/band dari wacana kasian, liat aja nasib veri afi kabarnya dimana skarang yang beruntung karena wacana kasian, blm lagi wayang..masi inget wayang?

  14. Saya pikir tidak ada yang salah dengan kangen band, mereka merekam lagu dengan biaya mereka sendiri tanpa ikatan dengan instansi lain. Mereka mengirimnya ke radio kesayangn mreka. Dan akhirnya, banyak yang requist laguny. Dan para pembajak dilampung melihat kesempatan ini, dan….hop! mereka membajaknya dan menjuallny, dan secara tidak langsung pembajakan itu menjadi promosi yang sangat hebat. Mengisi penuh rak-rak kaset, dan ratusan-bahkan ribuan pasang telinga ingin mendengarnya. dan membellinya. Kaset bajakan mereka pun sampai ke depan produser dan menyetelnya, ternyata beliau langsung menawarkan kontrak dan sekali lagii….hop. Mereka tenar. Kita tidak dipaksa untuk mendengarnya, tapi memang lagu mereka easy listening. Walau teknik musiknya nggak sehebat band” jazz, rock” tapi is not problem. Mereka berkarya, mereka mulia, tidak ada yang dipaksa untuk mendukungnya… Semua itu hasil kerja keras mereka. Jangan kamu hina ya…..!!!!!!!!! Tunjukin diri kamu kepublik, kalau kamu memang mencemooh kangen band, mungkin cemooh yang lebih besar datang menghampirimu….

  15. hidup seni……..1

  16. menurut ku kalau dari segi musik memang yah… seperti itu ya.Tapi kita juga harus melihat profil mereka sebelum jadi artis itu apa.Jujur aku tdk begitu menyukai lagu2xnya tapi aku menghargai mereka dalam mencipta lagu yang akhirnya banyak yg menyukai.Sulit lho membuat sebuah lagu yang cenderung disukai oleh masyarakat umum indonesia. Yang terakhir hargailah sebuah karya walaupun engkau sendiri tidak menyukainya.MASTER TRA aku ikut nimbrung nich ….Burjo…he2x…

  17. Master Ruikage?..Wah Sang Pianis datang…, dah bisa maen Rapshody In Blue blom hayo?
    :toss:

  18. Saya tau kangen band setelah dapat info ttg kisah suksesnya. Kemarin minggu siang saya terharu liat film ttg kangen band. Memang katrok tapi lucu bercampur rasa salut dg grup band satu ini. Semua orang berhak memilih musik yang disukai. Terlepas dari noraknya band mereka tetapi toh masyarakat yang menilainya. Coba jangan cuma menghujat tanpa alasan. Musik mereka menurut saya simpel, bagus juga. Saya pernah dengerin sebelum tau tampang mereka, bagus juga kok. Mungkin pengaruh tampang personilnya org2 jadi mencaci. Tunggu aja, kalau mereka modalnya sudah gede..bakal berubah deh..lebih bagusan penampilannya. OK ..Sukses!!!

  19. buat gw g usah saling mencela atau memamerkan keahlian bermusik tapi lihatlah realiatanya. mereka sukses berkat usaha mereka yang di mulai dari nol. jujur gw sebenarnya g suka ma lagu2 dari kangen band soalnya g punya aliran yang pas. tapi gw salut ma perjuangannya.

  20. yang terhina, makin berkibar….!

    Jangan takut kawan…sebagai fans kangen band..jangan menghina balik ya, karena penghinaan tidak seharusnya dibalas dengan penghinaa, tapi balaslah dengan senyuman.

    Biasalah kalau orang lagi naik daun banyak tantangannya. Saya bukan fans kangen band, tapi saya salut dengan perjuangannya mereka dan tidak menghina mereka. Dan kalau saya nilai, bukan hanya kangen band yang dapat cemoohan dan penghinaa, tapi sheila, dewa, radja, bahkan agnes monica juga tidak luput dari cercaan dan hinaan. Padahal mereka gak pernah salah, dan pilihan tergantung kita. kalau seneng ya dengerin kalau gak udah jangan beli kasetnya.

    dan yang memaki dengan kata-kata kotor dan tidak sopan, semoga hidupnya tidak tenang dan tidak akan sukses…!

  21. Lagunya sih boleh, buktinya banyak radio puter lagu mereka…
    aku sih lebih suka dengerin lagu mereka di radio daripada liat langsung di TV..
    http://www.infogue.com

  22. itu andikanya mau gaya ga bisa.rambut ga usah di bonding2 segala.malah jadi aneh.mending yang ada aja.biar ga keliatan aneh.sayang kan lagu enak2,tapi citranya jelek karena rambut.

  23. mreka memang perlu banyak belajar…..:P

  24. banyak yang harus perlu diperbaiki, jangan dikecam tapi ini jadi contoh sesuatu yang harus diperbaiki…semoga musik indonesia tetep maju dan berkualitas….

  25. gw g peduli ma kangen band….atau miss band atao rindu band…woteverlah…

  26. Hellow….

    Maap sebelumnya nih…

    gw kasi tau, klo kangen band itu grub band yg bagus..
    menciptakan lirik yang bagus,
    olah nada yang bagus..
    mereka buat band dan lagu dengan karya mereka sendiri, dengan keringat mereka sendiri,
    buat yang ga suka sama band ini jangan hina donk om..
    jangan pande hina aja lu om,
    emank lu bisa bikin band?
    emank lu bisa bikin lagu yg enak didengar?
    gw rasa belom tentu lu bisa..
    paling lagu lu buat kuping gw sumpek..!!
    nah jangan oceh doank yang gede om..
    ga salah ada kata “TONG KOSONG NYARING BUNYINYA”
    klo emank hebat,..
    lu buat band, lu buat lagu yg enak didengar..
    dan lu kalahin tu Kangen Band..
    tp gw rasa lu ga akan bisa deh..
    soalnya otak lu kosong.

    dasar manusia dari ras ga terdidik lu…

  27. KANGEN BAND tu mmng katrok……………………………..?
    band ndeso………………………………………………………..?
    sayang kenapa terkenal,dengan wajah2 katrok. ototnya spt kuli bangunan.smoga lagunya tdk ndeso.
    salam ja buat kangen band smoga lebih maju lagi

  28. kangen band………………………………

    Yach mang cih kartok……………………

    tpi acal dia bza buat album yang lebih kreatif…..

    mgkn dia gak bakalan katro lgi……

  29. kacian gw ngliat band satu ni….mendingn jualan cendol wakakakakakakakak!!!!!!!!!!!!!!!!!! FUCK BUAT KANGEN BAND!

  30. kangen salut bwt kalian,jangan takut akan kebiadaban tapi menncoba untuktetap berkarya………………..

  31. sukses selalu bwt kalian n tetap terus berkarya

  32. kangen band orang kampung yang belajar utk sukses tapi tidak lupa dengan masa lalu yang mengantar mereka mencapai sebuah kesuksesan dan mencoba terus ssuatu yang belumperna dirasakan…………………………………sukses selalu,,,,,,

  33. gw stuju ma yg nmany TESSA n ANDRE ,
    bg yg ska nghina jd org hrus bsa nghargain ,
    bknny w ank lmpung hrus ngbla mreka ,
    tp memang aslinya lagu2 mreka tu mang bnyak yg nyentuh n bgus koq !

    jd buat mua2 ny yg ga ska atau apalah ,
    jgn liat org dr fisik ,
    tp liat dr dlmnya dan otak2nya mreka ,
    yg udah nunjukin hasil karya anak indonesia .
    jg mnjuangin khidupan mreka .
    gw sluut bgt ma mreka,
    jd psn w buat yg cmment aneh2 .
    tunjukin donk bkat lw klo emang bsa lbih dr mereka ,
    sukses ja bwt KANGEN band ,
    bwt PUKARE n YG SIRIK ma kangen band SIRRIKK aja lo jadi manusia ,
    bsa ga lw jd lebih hebat dr mereka ????

  34. sirrrrriiikk ja yg nghina kngen band ,

    mang tampang lo smua sebagus apa siihhh !!!

    bwt bebe KANGEN band ,
    foto ny kurang buanyak ,
    mau w simpen d album hp w ,

    wkwkwkwkw !!!!
    mlu w jdny !!
    he !

  35. satu kata buat kangen band…..lagunya bagus2 deh…
    satu kata buat mereka yang benci kangen band….kalian banci….

  36. wo…. wo… wo…. KANGEN BAND……………………………
    kalian yang terbaik,terbagus…, the best dekh pokokne….
    buat yang nananya bebe,, klo lagi di foto senyum dhonk,,, and bebe tukh cute, cool, and kereeeeennn,,,,
    i luph u fullllllllll……

  37. oye….
    aku lupa….

    bebe, ultahny kapan yakh????

    aku denger2 sikh tgl 7 nov 88,,,,
    klo gitchu…
    MET ULTAH yakh BUAT BEBE….
    happy birthday to you(2x)
    happy birthday(2x)
    happy birthday to you….

    klo aku salah tanggal, bulan nd tahunny aku minta maap yakh, abiznya cumak denger2 sikh,,

    by…by…

  38. good,,
    ngefans abiz nih,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: