Musik Dan Masa Lalu

Benda, bau, suara, lagu, musik, tempat sering membawa kita pada pengalaman masa lalu. Kadang ketika lewat di depan pedagang buah saya teringat masa ospek SMU. Entah bau buah apa tapi yang jelas baunya campur baur dan unik. Saya merasa berada di tahun ’60 ’70-an saat mendengar lagu-lagu Koes Plus maupun The Beatles padahal saat itu jelas saya belum lahir.


Demikian juga dengan suasana di eropa saat mendengar orkestra jaman klasik milik Bach, Mozart, Beethoven. Lagu-lagu Joe Satriani di album Crystal Planet, Casiopea live 1985, konser trio super gitar (Delucia-McLaughlin-Meola), Bohemian Rapshodi, juga memiliki kesan yang khas.

Berikut ini adalah contoh serial tv yang main theme song-nya sangat saya suka. McGyver, Knight Rider, Chips, The Six Million Dollar Man, The A Team, Air Wolf, Mr Bean, Beverly Hills 90210, Heart To Heart, I Dream Of Jeannie, BJ and The Bear, BayWatch, Charlie?s Angel, Friends, Gilmore Girl, dll.

The Simpson Demikian juga dengan soundtrack kartun baik itu anime jepang maupun film kartun produksi amerika dan eropa. The Simpson, Batman, Tin Tin, Peterpan, Sailor Moon (episode awal saat tuxedo bertopeng muncul keren abis tapi saya sudah lupa musiknya) Semuanya keren.

Saya jadi ingat ketika terjadi perang antara Cassandra dan Saint Seiya. Nenek-nenek rebutan TV sama cucunya🙂.

Meski sudah berbeda generasi bisa jadi perang canel TV terjadi sampai sekarang. Mungkin Naruto dengan sinetron Indonesia? SpongeBob dengan siaran berita. Atau Avatar dengan acara Gosip?. Sangat menggelikan bukan :sinchan:.

Kemudian, background music (BGM) game Nintendo juga banyak yang berkesan, kalo anda dulu gila main Nintendo mungkin pernah main Mc Mario, Kid Icarus, Double Dragon II, Kungfu, Adventure Island, dll tentu tidak akan lupa dengan BGM-nya.

Akhirnya, musik-musik ‘bernuansa’ mengingatkan pada suatu masa dan tempat. Kadang kita tidak tahu tempat dan masanya yang jelas hanya bisa dialami secara pribadi saja. Menguatkan memori masa lalu dengan musik memang sangat efektif. Sangat efektif dalam memompa imajinasi. Imajinasi mengembang sampai kemana-mana dan memunculkan sisi kreatif. Sering kali ide-ide kemudian bermunculan. Hal ini tidak hanya berlaku buat saya saja, tentunya anda juga memiliki pengalaman pribadi terhadap musik kan? benar?
:tipi:

5 Responses

  1. mmm…era yang itu ya…aku juga ngalami, aku suka lagu tokyo love story, top, pas indosiar baru lahir. trus ada kartun yang langka diputer cm sekali, “Born to cook”…suka ma lagunya tp lupa

  2. benar bro….
    kadang klo ingat yang dulu-dulu jadi ketawa sendiri…

  3. aku benci mengingat masa lalu. hari ini aku gagal gara2x dulu salah ambil langkah. DAMN..DAMN..DAMN…

  4. wah2 masalahnya apa Om Hokage?emang nginjek apa kok salah langkah?he2

  5. mungkin salah langkah atau malah dilangkahi :tendang: :damn:
    :gatau:

Leave a Reply

