Panduan Menentukan Harga Jika Anda Ingin Menjadi Guru Les

Free Image Hosting At ImageCows.NetBerapa harga anda?Berapa harga anda sebagai guru les? Bagaimana menentukan harga?

Menjadi seorang guru les musik sebenarnya tidak dibayar perjam . Setiap murid membayar tidak hanya untuk pelajaran musik yang diberikan saat itu namun setiap saat bagi guru untuk memecahkan masalah murid. Percaya saja jika anda seorang guru les musik, anda tidak akan berhenti berfikir meskipun satu jam pertemuan telah selesai dan anda sudah pulang kerumah. Anda pasti terus memikirkan masalah yang dihadapi murid dan berfikir bagaimana memecahkannya. Tidak hanya mencari materi lagu yang cocok untuk murid, mempersiapkan apa yang mau diberikan, dll. Pelajaran tidak hanya berlangsung satu jam setiap minggunya.

Sebagai guru yang baik anda harus memiliki komitmen dalam perkembangan musikal murid, dan ini memerlukan waktu yang lama sama seperti perkembangan musik pada diri anda sendiri yang melibatkan fisik mental dan ketekunan.

Setiap daerah memiliki standard fee yang berbeda-beda. Fee di Jakarta berbeda dengan di Jogja. Seseorang yang memiliki sertifikat/ijasah/gelar musik, apalagi jika ditambah dengan pengalaman bisa menentukan harga lebih tinggi dari guru les biasa. Penting untuk diketahui bahwa orang mencari guru yang berpendidikan dan memiliki gelar atau ijazah. Gelar/ijazah pendidikan digunakan sebagai “alat” evaluasi tercepat dalam mencari guru tidak peduli meskipun anda sudah bertahun-tahun lupa dengan lagu andalan dan tidak mengupdate kemampuan musik. Orang mencari guru yang berijazah.

Kriteria dalam Menentukan Harga

Sesuaikan harga anda dengan fee guru-guru di daerah setempat. Tidak harus sama namun dalam taraf yang bisa diterima.

Anda bisa mengikuti keinginan lingkungan setempat namun jangan terlalu didikte, karena seumpama anda merasa memiliki nilai tambah maka anda bisa memberikan harga lebih tinggi, namun jangan memasang harga terlalu tinggi, jika anda melakukannya banyak orang keberatan dan tidak akan mencari anda. Jalan anda akan sulit.

Jika anda tergabung dalam yayasan, tanyakan data fee untuk bulan terakhir.

Jika anda tidak mendapatkannya, jika data tersebut tidak ada, atau jika semua orang menutup mulut, maka anda bisa mendapatkan petunjuk dari perekonomian area setempat. Berapa fee untuk les tari? Les lukis? Les renang? Les sempoa? Fee dari les-les tersebut bisa anda gunakan pedoman. Dari situ anda bisa mengukur tingkat kemampuan orang tua hingga antusiasme mereka dalam perkembangan pendidikan anak.

Apa yang ingin anda dapatkan? Apa yang sebaiknya anda dapatkan?

Kenali dua hal penting ini karena bisa dijadikan landasan untuk menentukan dan menyesuaikan fee dengan keadaan finansial suatu keluarga.

Samakan harga untuk semua murid

Guru bisa memasang harga yang berbeda dibanding guru lain. Namun pasanglah harga yang sama untuk semua murid. Jika anda memasang tarif yang berbeda maka lingkungan akan membicarakan anda. Mereka merasa dibedakan. Jika anda terlanjur memasang tarif yang berbeda maka sebisa mungkin segera samakan. Jangan samakan harga pada fee yang terendah namun samakan pada harga murid yang paling tinggi. Pertimbangakan biaya transport, grade level dll, dengan menyamakan harga maka akan memudahkan anda jika seumpama ada ratusan calon murid yang sudah mengantri.

Keluarga Kompak

Apakah waktu dan harapan anda dihargai lebih sedikit untuk anggota keluarga lain dalam keluarga tersebut?

Apakah anda harus menurunkan fee les gitar seumpama anak mereka yang lain (mungkin adik atau kakak murid anda) minta diajari menyanyi atau les lainnya?

Berapa banyak reduksi fee anda untuk les gitar agar seimbang dengan les lainnya?

Ini salah satu hal yang juga harus anda pikirkan, karena selama anda menjadi guru les keadaan seperti ini mungkin terjadi. Kadang anda juga akan menemui keluarga kompak yang menginginkan anak-anaknya menjadi istimewa.

Lebih sulit untuk mengikuti rencana dan harapan-harapan keluarga seperti ini dibandingkan dengan memberi semangat dan motivasi murid meskipun si murid tidak memiliki bakat istimewa dalam bemusik.

Ketika harga anda dipertanyakan

Untuk berbagai alasan mungkin tiba saat anda menaikkan fee anda. Anda perlu menjelaskannya kepada pihak murid. Jangan bernegosiasi. Jelaskan dengan baik alasan anda menaikkan harga. Kemampuan murid yang semakin baik bisa anda jadikan sebagai alasan. Ceritakan bahwa murid sekarang jauh lebih baik dibandingkan sebelum ikut les dengan anda. Orang tua akan menyadari pentingnya keberadaan anda dalam perkembangan murid.

Seumpama yang menanyakan harga adalah calon murid maka siapkan jawaban dengan sopan. Ceritakan bahwa tarif anda memang sebesar itu, dan berlaku untuk murid-murid yang lain yang lebih dulu les dengan anda. Jika anda memiliki puluhan murid maka ceritakan bahwa puluhan murid yang lain juga dikenai fee yang sama dan mereka tidak keberatan. Yang penting jangan menimbulkan kesan pemaksaan bahwa apa yang anda katakan benar dan orang lain salah. Mulailah dengan menceritakan nilai tambah anda namun jangan menjurus pada hal-hal yang bersifat komersil.

Jam pertemuan

Anda harus menentukan berapa menit setiap pertemuan. Biasanya setiap satu kali pertemuan adalah 45 menit. Bisa juga 60 menit atau bahkan 30 menit. Orang tua akan menghapal ini. Tentukan satu dan gunakan terus.

Jika anda memilih 30 menit maka pertimbangkan materi pelajaran yang akan anda berikan dalam satu kali pertemuan. Waktu anda harus efektif.

Untuk les group dengan murid agak banyak maka waktu untuk satu kali pertemuan adalah 90 menit.

Saat untuk menaikkan harga

Tiga alasan untuk menikkan harga:

  • Jadwal anda full
  • Anda tidak menaikkan fee dalalm dua tahun
  • Anda memiliki kualifikasi lebih dibandingkan guru-guru lain disekitar anda

Apa yang anda berikan itulah yang anda terima. Jika anda memberikan yang terbaik maka anda akan mendapatkan yang terbaik. Murid anda akan senang jika anda memiliki tempat kursusan yang banyak muridnya. Anda bisa menaikkan harga untuk dua tahun kedepan tanpa perlu khawatir akan ditinggalkan murid. Jika anda tetap khawatir maka anda perlu mengiklankan kenaikan harga dua bulan sebelumnya. Amati reaksi dari pihak murid dan anda bisa mengambil keputusan.

Jika anda tetap bertahan pada harga yang sama selama dua tahun maka anda akan berhadapan dengan kenaikan biaya hidup. Jika guru-guru yang memiliki kualifikasi dibayar lebih tinggi ini berarti perekonomian di lingkungan sekitar memang mendukung adanya kenaikan harga.

(diedit dari Setting Your Fee by: MarthaBeth, Ph.D. serta pengalaman para sahabat)

One Response

  1. Ya ya betul2x itu, tapi mengajar terus bikin capek ,stresss,…hal ini terjadi pada teman2x pengajar musik di salah satu sekolah musik ternama itu. . .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: